Solana, Terra, dan Polkadot Mencapai Angka Pertumbuhan yang Mengesankan

Untuk memberikan layanan yang kompetitif kepada pengguna, ekosistem tertentu harus tumbuh dalam hal sejumlah penawaran serta kemampuan bersaing. Logika yang sama berlaku untuk ekosistem blockchain, dan menurut laporan terbaru yang diterbitkan oleh Electric Capital, lima pemain teratas dalam ekosistem blockchain tumbuh dengan pesat.

Secara khusus, kemajuan yang dicapai oleh Solana dan Polkadot telah melampaui pertumbuhan yang disaksikan oleh blockchain Ethereum dalam hal sejarah masa lalu mereka. Laporan tersebut menyatakan bahwa Solana, BSC, Polkadot, dan NEAR dapat diperingkat lebih tinggi dari Ethereum dalam hal pertumbuhan mereka pada tahap evolusi yang sebanding. Hal yang sama tidak berlaku untuk Terra dan Longsor.

Parameter pertimbangan penting lainnya yang dievaluasi oleh Electric Capital adalah tingkat retensi para pengembang. Menurut temuan penelitian, ekosistem blockchain Ethereum masih memimpin dalam hal memiliki pangsa pengembang terbesar, terhitung hingga 25% dari total jumlah pengembang per bulan. Jumlah ini diterjemahkan ke dalam orientasi 700 pengembang baru, angka tertinggi sepanjang masa yang dicapai oleh ekosistem blockchain. Juga, menarik untuk mengetahui bahwa sekitar 30% pengembang yang memulai dengan Ethereum pada tahun 2017 masih bertahan, menjadikan ekosistem sebagai platform terkemuka yang menawarkan stabilitas kepada pengembang aplikasi.

Semua temuan ini mengarah pada tren yang lebih besar dalam ekosistem cryptocurrency dan blockchain di mana Ethereum masih menjadi pemain dominan sementara ekosistem Bitcoin telah jatuh ke posisi kelima di belakang PolkaDot, Cosmos, dan Solana. Menurut perkiraan Polkadot ini, harga token bisa menjadi $48 pada akhir tahun.

Juga telah diakui oleh laporan bahwa kondisi keseluruhan dan persyaratan bisnis pada saat Bitcoin dan Ethereum memulai debutnya benar-benar berbeda dari kondisi yang ada saat ini. Semua temuan ini mengarah pada ruang lingkup peluang yang luar biasa bagi pengembang aplikasi baru dan ekosistem blockchain karena seluruh domain mengalami gelombang pertumbuhan dan kemungkinan baru.

Author: Naomi Berry